Share

Di Hari Veteran, JK Ajak Generasi Muda Bangun Indonesia

Gunawan Wibisono, Okezone · Selasa 11 Agustus 2015 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 11 337 1194162 di-hari-veteran-jk-ajak-generasi-muda-bangun-indonesia-zKJlzxQBed.jpg Wapres Jusuf Kalla (Foto: Antara)

JAKARTA - Setiap tanggal 10 Agustus, Indonesia memperingati Hari Veteran Nasional. Peringatan itu bertujuan mengingat jasa dan pengorbanan para veteran RI yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan negara maupun yang ikut menciptakan perdamaian dunia.

Dalam penyelenggaraanya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, bertema Pengabdian Veteran Republik Indonesia Tidak Akan Pernah Berakhir, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam sambutannya mengaku angkat topi dengan memberi penghormatan setinggi-tingginya kepada para vetaran.

"Dalam kesempatan ini, kita beri penghormatan tinggi pada bapak-ibu veteran yang ada di sini, juga nasional. Punya tekad sama untuk berjuang dan melanjutkan bangsa kita sebaik-baiknya," ujar JK di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengaku, Indonesia bisa seperti sekarang dengan merayakan hari kemerdekaan setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus karena jasa para veteran.

"Usia yang matang, tapi tanpa perjuangan veteran kita tak bisa berkumpul dan nikmati kemerdekaan seperti hari ini. Karena itulah, jasa kepahlawanan bapak-ibu yang hadir dan nasional punya andil besar bersama pemimpin politik dan seluruh rakyat telah beri kita kebebasan, masa depan, dan kenikmatan sebagai bangsa besar," katanya.

Dikatakan JK, sebagai bangsa, Indonesia harus menghormati jasa para pahlawannya, karena sampai kapanpun, negara tidak bisa membalas jasa para veteran ini yang berhasil mengusir penjajah dari bumi ibu pertiwi.

Selain itu, JK juga berpesan kepada generasi muda agar berperan aktif menciptakan Indonesia yang lebih baik, agar pengorbanan para veteran tidak sia-sia.

"Generasi muda harus berjuang, membantu bangsa bersama-sama. Kalau masa lalu berjuang jiwa raga, masa datang generasi muda berjuang dengan otak, otot dan hati yang sama dengan bangsa ini. Tanpa ilmu pengetahuan, teknologi, tidak akan maju," pungkasnya.

Ziarah Veteran Perang

Pemerintah menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Veteran berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada pada 10 Agustus 2014.

Alasan penetapan itu tak lain untuk mengingat jasa dan pengorbanan veteran yang telah banyak berjasa untuk negara ini. Selain itu, adanya peringatan Hari Veteran Nasional juga dimaksudkan untuk mengenang gencatan senjata pada 10 Agustus 1949 setelah para pejuang kemerdekaan RI melawan tentara Belanda di Surakarta.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini