KPK Periksa Direktur PT Traya Tirta Makassar Usut Suap PDAM

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 07 Agustus 2015 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 07 337 1192451 kpk-periksa-direktur-pt-traya-tirta-makassar-usut-suap-pdam-9LYZxfPM7E.jpg Ilham Arief Sirajuddin (Foto: Antara).

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur PT Traya Tirta Makassar, James Edward Chan untuk dimintai keterangan terkait ‚Äékasus dugaan korupsi kerja sama kelola dan transfer untuk instalasi PDAM Kota Makassar periode 2006-2012. Kasus tersebut menjerat mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

"Iya benar, yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IAS," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Jakarta, Jumat (7/8/2015).

James diduga mengetahui aliran dana suap yang menjerat mantan orang nomor satu di Makasar itu. Pasalnya, dalam kasus tersebut, kolega dari IAS yang menjadi pimpinan di PT Traya Tirta Makassar ikut diseret menjadi pesakitan lembaga antirasuah.

Selain James, Ungkap Priharsa, KPK juga memanggil Ilham yang akan dimintai keterangan untuk tersangka lainnya yakni, Direktur PT Traya Tirta Makassar, Hengky Widjaja.

Seperti diketahui, dalam perkara itu Hengky ditetapkan sebagai tersangka bersama mantan Wali Kota Makassar llham Arief Sirajuddin. PT Traya Tirta Makassar pimpinan Hengky adalah pihak swasta yang bekerja sama dengan PDAM dalam proyek rehabilitasi, kelola, dan transfer pengelolaan air. Dugaan sementara, kerugian Negara atas korupsi tersebut senilai Rp38,1 miliar rupiah.

Kedua tersangka diduga melanggar Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (fal)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini