SDA Akui Pinjam Dana Operasional Menteri

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 07 Agustus 2015 17:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 07 337 1192411 sda-akui-pinjam-dana-operasional-menteri-3XKDDODjdS.jpg SDA (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA) mengakui, dana operasional menteri (DOM) yang disangkakan pada kasusnya hanya digunakan sebagai uang pinjaman.

SDA yang juga mantan Ketua Umum PPP ini menegaskan, DOM pada Kementerian Agama tak pernah digunakan olehnya untuk kepentingan pribadi. Kalaupun digunakan, kata SDA, anggaran tersebut akan dikembalikan.

"Seandainya ada uang terpakai untuk kepentingan pribadi, maka statusnya adalah pinjaman yang wajib ditagih kepada saya," kata SDA, usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pernah menggunakan DOM tersebut untuk kepentingan pribadi. Namun, lanjut SDA, anggaran DOM tersebut dapat dipastikan telah dikembalikan oleh dirinya.

"Bukti-bukti uang DOM yang saya pinjam, dan pengembaliannya juga ada," tandasnya.

SDA terjerat dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2010-2013. Pada awal Juni 2015, lembaga antikorupsi menertibkan surat perintah penyidikan baru SDA dalam kasus penyalahgunaan DOM.

SDA diduga menyalahgunakan dana tersebut untuk kepentingan pribadinya, tidak terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai Menteri Agama. Tindakan SDA dinilai merugikan keuangan negara yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Atas perbuatannya tersebut, SDA disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 UU Tipikor. (awl)

(sus)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini