Penyuap Berdalih Beri Suap Politikus PDIP karena Sakit

Feri Agus Setyawan, Okezone · Kamis 06 Agustus 2015 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 06 337 1191867 penyuap-berdalih-beri-suap-politikus-pdip-karena-sakit-zv3G12ouYJ.jpg Politikus PDIP Andriansyah (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Direktur PT Mitra Maju Sukses (MMS) Andrew Hidayat mengakui kalau dirinya pernah memberikan uang kepada anggota IV DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Adriansyah. Pemberian uang tersebut diduga terkait dengan pemberian izin usaha tambang di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

"Beberapa kali (beri uang kepada Adriansyah)," kata Andrew saat menjalani pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/8/2015).

Andrew mengatakan, uang yang sudah beberapa kali beberapa kali itu diserahkan melalui ajudannya yang juga anggota Polri, Agung Krisdiyanto. Namun, dirinya berdalih pemberian itu sebagai bagian dari bantuan untuk Adriansyah karena menderita sakit.

"Dia sakit. Saya sebagai manusia merasa prihatin, mengingat orang ini cukup baik. Saya ada rasa kedekatan," ujar Andrew.

Menurut Andrew, dirinya tak mengetahui jumlah persis uang yang telah diserahkan kepada Adriansyah yang juga pernah menjadi Bupati Tanah Laut itu. Meskipun, dia telah diingatkan hakim bahwa di surat dakwaan total pemberian kepada Adriansyah mencapai miliaran rupiah.

"Saya tidak ingat persis. Saya juga kaget ketika baca dakwaan," tuturnya.

Mendengar jawaban Andrew, majelis hakim sempat mengingatkan Andrew untuk memberikan keterangan yang jelas mengenai konteks pemberian uang tersebut. Walaupun sebagai terdakwa, dia mempunyai hak untuk berbohong.

"Tapi saya sampaikan bagi kami ada yang kami pegang teguh. Kalau akhirnya berpendapat berbelit-belit maka akan menjadi hal yang memberatkan, kami jamin itu," kata Ketua Majelis Hakim John Halasan Butar-Butar.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini