Share

Sepak Terjang Yusril di Dunia Hukum

Feri Agus Setyawan, Okezone · Rabu 05 Agustus 2015 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 05 337 1191126 sepak-terjang-yusril-di-dunia-hukum-bSQsiXLmHy.jpg Yusril Ihza Mahendra (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Yusril Ihza Mahendra tak perlu diragukan dalam dunia hukum Indonesia dalam kurun waktu dua dekade ke belakang. Yusril juga selalu mendapat posisi dari setiap pemerintahan membuat dirinya terlihat menguasai permasalahan hukum yang ada di negara ini.

Kini, mantan Menteri Sekretaris Negera (Mensesneg) tersebut berhasil memenangkan gugatan praperadilan mantan Dirut PT PLN, Dahlan Iskan yang dijerat sebagai tersangka dalam dugaan korupsi proyek gardu listrik. Yusril tak hanya bebaskan orang dari jerat tersangka, dia pun bisa bebaskan dirinya sendiri sebagai tersangka.

Hal itu berawal, ketika Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Yusril sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum). Mantan Menteri Kehakiman tersebut dijerat Pasal 2, Pasal 3, dan Pasal 12 Huruf e Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kasus yang menjerat Yusril ini berawal dari penerbitan Surat Keputusan 19/K/KEP/KPPDK/X/2000 tentang penunjukkan koperasi dan pihak swasta sebagai pengelola Sisminbakum. Surat tersebut menjadi acuan Kejaksaan Agung untuk menjerat Yusril serta sejumlah pihak lainnya.

Seiring berjalannya waktu dalam menghadapi kasus tersebut, mantan Menteri Hukum dan HAM ini akhirnya bisa lepas dari jeratan. Kejagung mengeluarkan surat penghentian penyidikan atau (SP3) untuk Yusril dalam kasus Sisminbakum.

Keputusan tersebut diambil setelah tiga tersangka sebelumnya dinyatakan bebas pada tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA). Bahkan ketika itu, Yusril sangat yakin bahwa kasus tersebut memang pantas dihentikan.

"Memang sudah sepantasnya dihentikan," kata Yusril di Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis, 31 Mei 2012.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini