Mensos: Akhir Juli Proses Validasi Lapindo Selesai

Patricia Diah Ayu Saraswati, Okezone · Kamis 16 Juli 2015 03:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 15 337 1182546 mensos-akhir-juli-proses-validasi-lapindo-selesai-oF6mLo1kyg.jpg Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berharap pada akhir Juli mendatang, proses validasi seluruh dokumen korban Lapindo selesai.

"Ada 3.337 keluarga yang ada di area terdampak yang membutuhkan validasi untuk mendapatkan pelunasan ganti rugi dari PT Minarak Lapindo. Dari 3.337 sampai kemarin yang tervalidasi baru 1.127 masih 2.200 lainnya yang butuh validasi," ujar Khofifah, Rabu (15/7/2015).

Khofifah menambahkan, 1.127 keluarga sepakat untuk dicairkan dulu, maka proses itu bisa dimungkinkan karena uang sudah ada di Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN), tetapi mereka sepakat agar proses pencairannya dilakukan bersama-sama.

"Karena itu, kemarin disepakati proses validasi akan ditunggu sampai 31 Juli. Harapannya kalau ada respon dan percepatan dari seluruh elemen untuk melakukan percepatan validasi, tanggal 31 Juli harapannya itu sudah bisa diselesaikan," jelasnya.

Setelah 31 Juli 2015 tervalidasi akan diumumkan sampai tujuh hari, apa betul tanah-tanah ini adalah milik keluarga yang bersangkutan, kalau dalam waktu tujuh hari tidak ada sanggahan dari elemen apapun, maka segera akan bisa dicairkan.

"Proses pencairan akan dilakukan langsung dari KPKN ke nomor rekening masing-masing tidak melalui lembaga lain. Hal ini supaya kekhawatiran dana tidak sampai secara utuh, bisa dibantahkan," ujar Khofifah.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini