Ahok: Ketua KPK Cuma Jubir!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 15 Juli 2015 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 15 337 1182200 ahok-ketua-kpk-cuma-jubir-jg2CcLy8XR.jpg Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merilis 48 nama calon pimpinan lembaga antirasuah itu yang lolos dalam seleksi tahap dua. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengaku tidak tertarik untuk menjadi pimpinan KPK.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menjelaskan, alasannya dirinya tidak tertarik untuk menjadi pimpinan KPK lantaran lembaga hukum tersebut menggunakan sistem kolektif kolegial dalam pengambilan keputusannya.

"Untuk apa jadi pimpinan KPK. Karena pakai kolektif kolegial dalam menentukan keputusannya. Ketua KPK itu jadi cuma jubir (juru bicara)," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Suami Veronica Tan itu menjelaskan, ketimbang menjadi Ketua KPK, dirinya lebih memilih jabatan eksekutif seperti menjadi Gubernur DKI. Menurutnya, jabatan eksekutif lebih mudah menentukan kebijakan lantaran mempunyai hak prerogatif.

"Karena pimpinan KPK bisa apa? Kan pakai kolektif kolegial. Kalau jadi gubernur saya bisa pecatin orang langsung-langsung saja," paparnya.

Oleh karenanya, peraih penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) 2013 itu mengungkapkan, saat ini dirinya berencana mencalonkan diri menjadi Presiden Indonesia untuk memberantas korupsi yang ada di tanah air.

"Saya cuma mau jadi eksekutif dan akan jadi Presiden untuk berantas korupsi," tandasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini