Transmigrasi di Perbatasan Perkuat Pertahanan

Fahmi Firdaus , Okezone · Senin 13 Juli 2015 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 13 337 1181113 transmigrasi-di-perbatasan-perkuat-pertahanan-cTHaheKoHX.jpg foto: ilustrasi Okezone

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar menilai pembangunan kawasan transmigrasi di daerah perbatasan, akan bisa mencegah berbagai tindakan kriminal yang sering dilakukan di perbatasan.

Marwan berharap, kawasan transmigrasi di wilayah perbatasan bisa menjadi pos-pos terdepan dalam sistem pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kawasan transmigrasi di perbatasan bisa menjadi titik kuat dan pos terdepan dalam pertahanan dan keamanan sebagai early warning system," ujar Marwan kepada wartawan di Jakarta, Senin (13/8).

Untuk mengembangkan wilayah perbatasan, menurutnya perlu ada perubahan paradigma dan arah kebijakan pembangunan yang selama ini dilakukan.

"Selama ini cenderung berorientasi inward looking menjadi outward looking, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pintu gerbang aktivitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga," terangnya.

Selain itu, pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan menjadi dua hal dasar yang harus diprioritaskan untuk masyarakat di daerah perbatasan.

"Jangan sampai rasa nasionalisme masyarakat perbatasan luntur karena melihat fasilitas negara tetangga yang lebih mewah," tandasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini