Peradi Cetak Advokat Profesional Lewat PKPA

Arief Setyadi , Okezone · Rabu 08 Juli 2015 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 08 337 1178408 peradi-cetak-advokat-profesional-lewat-pkpa-u1dJh4Mxbl.jpg Peradi Cetak Advokat Profesional Lewat PKPA (Foto: Ilustrasi)
JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi), Fauzie Yusuf Hasibuan mengajak seluruh mahasiswa Fakultas Hukum di Sumatera Barat untuk bisa menjadi advokat yang profesional sehingga bisa memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.
 

“Kita bersama dengan DPD SPI Sumbar mengajak adik-adik fakultas hukum di provinsi ini untuk bisa menjadi advokat yang profesional sehingga dapat memberikan rasa keadilan kepada masyarakat pencari keadilan di Indonesia,” ujar Fauzie didampingi Shalih Mangara Sitompul saat menutup kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Universitas Bung Hatta, beberapa waktu lalu.

Ajakan tersebut sedianya juga didorong oleh DPD Serikat Pengacara Indonesia (SPI) Sumatera Barat dan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Padang. Dengan maksud, para mahasiswa bisa memaknai hukum di Indonesia seutuhnya.

Apalagi perkembangan hukum dan dunia advokat di Indonesia begitu pesat sehingga harus ada keseimbangan dengan kemampuan manusianya. Di mana para pendidik, penegak hukum, dan lainnya harus mengikuti perkembangan kasus hukum yang terjadi di Indonesia.

“Dengan mengetahui perkembangan tersebut membuat para advokat bisa mengerti kasus apa yang tengah ditanganinya sehingga bisa memberikan rasa keadilan kepada masyarakat,” imbuh Fauzie.

Menurut Fauzie, saat ini banyak sekali persoalan hukum yang bersinggungan dengan negara lain, sehingga kebutuhan akan orang yang cakap hukum menjadi mendesak. Mengingat untuk menghadapi persoalan hukum seperti itu harus ada orang yang cerdas secara subtansial terhadap hukum perdata maupun pidana.

“Hal ini tentunya dibutuhkan pendidikan PKPA yang berkualitas sehingga lulusannya pun mempunyai kualitas sesuai tuntutan jaman,” ujarnya.

DPN Peradi sendiri akan terus bergerak untuk memberikan pemahaman hukum melalui pendidikan PKPA. Setelah di Sumatra Barat, DPN Peradi akan melanjutkan pendidikan di Sumatera, dan Sulawei, serta Jawa Timur.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Sumatera Barat sendiri, sebanyak 35 peserta pendidikan khusus advokat telah mendapatkan pendidikan untuk menjalankan profesi advokat secara terhormat serta cara implementasi hukum di Indonesia.

Adapun yang menjadi ketua pelaksana PKPA adalah Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Sanidjar Pebrihariati. Selain itu, hadir pula Ketua DPD SPI Sumbar Hanki Mustav Sabarta.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini