nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KSAU Beberkan Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules

Syamsul Anwar Khoemaeni, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2015 20:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 07 337 1177902 ksau-beberkan-penyebab-jatuhnya-pesawat-hercules-cLqZAT3pS9.jpg KSAU, Marsekal Agus Supriatna (foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna mengaku, tim investigasi jatuhnya pesawat Hercules A1310 di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara sudah melaporkan hasil sementara.

"Sudah, sudah ada hasil sementara soal penyebab jatuhnya," beber Agus di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (7/7/2015).

Agus menambahkan, mesin nomor empat pesawat nahas itu mati seketika. Alhasil, pilot Kapten Sandi Permana mengambil langkah untuk terbang rendah sekira 105 kaki sembari menambah kecepatan untuk kembali ke Lanud Soewandi.

"Engine nomor empat mati, aksi pilot ambil kecepatan, terbang rendah," imbuhnya.

Namun, pesawat yang mengangkut 122 penumpang itu justru menabrak sebuah antena. Selanjutnya, pilot langsung banting kemudi ke kanan dan menabrak sebuah kubah.

"Ada antena radio, nabrak itu, dia lari ke kanan, nabrak kubah," ujarnya.

Ia memastikan, tim investigasi berasal dari internal matra udara. Agus menolak untuk melibatkan pihak luar dalam investigasi tersebut. "Tidak, semua dari internal," pungkasnya.

Seperti diketahui, 30 Juni lalu pesawat milik TNI AU dari Skadron 32 Lanud Abdurahman Saleh, Malang mengalami kecelakaan di Medan. Akibatnya, semua penumpang dikabarkan tewas dalam insiden tersebut. (awl)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini