nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TBP Peradi Kecewa Juniver Cs Absen di Persidangan

Rizka Diputra, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2015 19:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 02 337 1175358 tbp-peradi-kecewa-juniver-cs-absen-di-persidangan-jjSrYbq3WO.jpg foto: ilustrasi Okezone

JAKARTA - Tim Barisan Persaudaraan Perhimpunan Advokat Indonesia (TBP Peradi) menyatakan kekecewaaannya terhadap Juniver Girsang, Hasanuddin Nasution, dan Irmawaty Habie lantaran absen dalam sidang gugatan Nomor 217/PDT.G/2015/PN.JKT.PST, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin, 29 Juni lalu.

"Juniver dkk tidak menghadiri sidang perdana tanpa alasan dan keterangan yang jelas, maupun perwakilan kuasa hukumnya meski sudah ditunggu selama lima jam," ujar Koordinator Tim Barisan Persaudaraan Peradi Ombun Suryono Sidauruk di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Majelis hakim pun akhirnya terpaksa menunda sidang gugatan tersebut selama tiga pekan ke depan. Menurut Ombun, ketidakhadiran mereka telah menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak menghargai pengadilan.

"Sikap seperti ini justru menunjukkan tidak secara gentleman sebagai pimpinan dalam memberikan panutan secara hukum," sesalnya.

Tim Barisan Persaudaraan Peradi menggugat Juniver Girsang dkk lantaran telah dianggap merugikan calon advokat Peradi, khususnya di Jambi dan Semarang, karena menyebabkan pengambilan sumpah menjadi advokat Peradi bermasalah.

"Kegagalan pelaksanaan pengambilan sumpah advokat dimaksud telah menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, yakni diperkirakan sebesar Rp180 juta dan para penggugat juga menuntut ganti immaterial sebesar Rp1 miliar," klaim Ombun.

Selain menuntut ganti kerugian, penggugat juga menuntut agar Juniver mencabut pengumuman dan atau pernyataan, serta meminta maaf kepada segenap advokat Peradi yang dimuat di media cetak nasional selama sepekan. (awl)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini