Transmigrasi Harus Melalui Tahapan yang Terukur

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 30 Juni 2015 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 30 337 1173937 transmigrasi-harus-melalui-tahapan-yang-terukur-zc3lF9cvkw.jpg foto: dok Okezone

JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan 10 provinsi sebagai penerima program transmigrasi dalam lima tahun ke depan. Daerah-daerah tujuan transmigrasi ini merupakan kawasan subur dan kaya sumber daya alam.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, sebelum menentukan sebuah wilayah menjadi kawasan transmigrasi, pihaknya terlebih dulu melakukan seleksi ketat dan analisa mendalam terkait aspek potensi daerah, aspek sosial, budaya, dan aspek ekonomi.

“Transmigrasi juga menjadi sarana untuk transfer ilmu dan keahlian dari satu daerah ke daerah lain. Dengan demikian potensi daerah yang sebelumnya tidak dikelola akan dapat dikembangkan, tanpa mengurangi khasanan kekayaan lokal yang sudah ada,” ungkap Marwan, di Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Marwan menjelaskan, banyak daerah yang berhasil maju dan berkembang karena ada program transmigrasi. Misalnya di Kalimantan Utara yang kini menjadi provinsi maju berkat program transmigrasi yang dilakukan sebelumnya.

“Banyak sekali daerah yang sekarang maju dan makmur karena transmigrasi. Antara transmigran dan penduduk lokal saling mendukung dan hidup berdampingan untuk mencapai kemajuan bersama,” sambungnya.

Politikus PKB ini tidak menampik ada beberapa kasus antara transmigran dan penduduk lokal. Namun itu hanya gejolak yang sebenarnya dapat diredam berkat dialog yang intensif.

“Bangsa kita kan punya budaya gotong royong, toleransi, dan kerukunan yang sangat kuat. Kita punya banyak suku, bangsa dan budaya tapi bisa hidup rukun. Kalau soal tawuran, jangankan transmigrasi antar desa sesama daerah saja bisa tawuran. Kalau transmigrasi jarang sekali terjadi,”tutupnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini