Malaysia Langgar Batas, Kemlu Belum Dapat Laporan

Hendra Mujiraharja, Okezone · Senin 29 Juni 2015 23:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 29 337 1173452 malaysia-langgar-batas-kemlu-belum-dapat-laporan-Mj0XqgeJMe.jpg foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Sebuah helikopter milik negeri jiran Malaysia, melintasi kawasan perbatasan Pulau Sebatik, Kalimantan Utara (Kalut) tanpa izin. Pihak Kementerian Luar Negeri mengaku belum dapat laporan mengenai insiden itu.

Peristiwa yang terjadi sekira pukul 08.45 Wita, pada Minggu 28 Juni 2015. Tapi Jubir Kemlu, Armanantha Natsir, mengatakan belum mendengar mengenai insiden itu dari pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Saya tidak tahu kejadian seperti apa. Saya belum dapat informasi mengenai insiden," kata Armanatha kepada wartawan di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Pria yang akrab disapa Tata itu menambahkan, untuk melakukan protes Kemlu membutuhkan tiga aspek.

"Apa bila ada pelanggaran wilayah kita harus mengetahui tiga aspek. Pertama kita harus tahu dengan jelas identifikasi pesawat atau kapal itu. Kedua kita harus tahu koordinatnya di mana mereka melakukan pelanggaran dan ketiga waktunya kapan," kata Tata.

"Tanpa informasi itu kita tidak bisa mempertanyakan langkah yang dilakukan negara asing itu. Begitu kami menerima tiga aspek itu, maka kami akan langsung memberikan nota protes," sambungnya. (ang)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini