nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anas Akan Melawan Sampai ke Akhirat

Regina Fiardini, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2015 17:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 06 17 337 1167034 anas-akan-melawan-sampai-ke-akhirat-QYht3cX554.jpg Anas Urbaningrum (foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengaku, tidak akan menyerah atas putusan yang dijatuhkan majelis hakim terhadap dirinya yakni 14 tahun penjara.

"Kan masih ada fasilitas hukum bernama Peninjauan Kembali (PK)," kata Anas sebelum ia berangkat ke Lapas Sukamiskin, Rabu (17/6/2015).

Anas berupaya akan menempuh upaya perlawanan hukum yakni melalui PK demi mendapatkan keadilan. "Inkracht (berkekuatan hukum tetap-red) sudah ini, tapi upaya hukum di dunia kan masih ada. Dan masih dimungkinkan lewat PK," terang Anas.

Anas menjelaskan, perlawanan hukum tidak hanya akan berhenti sampai PK di Mahkamah Agung (MA).

"Selain perlawanan hukum di dunia, masih ada fasilitas perlawanan hukum di akhirat. Tapi tentu tidak didiskusikan di sini," ujar Anas sembari bercanda.

Terpidana kasus korupsi proyek Hambalang ini menganggap, putusan hakim di tingkat kasasi yang memvonisnya 14 tahun penjara tidak berintegritas dan cacat keadilan. Bahkan, Anas mengklaim bahwa majelis yang diketuai Artidjo Alkostar tidak memerhatikan berkas perkaranya secara lengkap.

"Saya bukan dukun, yang paling penting putusannya tidak adil karena mereka (Artidjo Alkostar, Krisna Harahap dan Ms Lumme-red) belum membaca berkas perkara secara lengkap," tutur Anas.

Majelis hakim berkeyakinan, Anas telah melakukan perbuatan sebagaimana diatur dan diancam secara pidana dalam Pasal 12 huruf a Undang-Undang TPPU juncto Pasal 64 KUHP, Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Kemudian, Pasal 3 Ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 juncto Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003. Anas terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang terkait proyek Hambalang dan proyek APBN lainnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini