nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dihukum Rp57 Miliar, Anas: Saya Bayar Pakai Daun Jambu

Regina Fiardini, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2015 17:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 06 17 337 1166979 didenda-rp5-miliar-anas-saya-bayar-pakai-daun-jambu-BnQdDQZqxG.jpg Anas Urbaningrum Sebelum Dipindahkan ke LP Sukamiskin (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum masih belum menerima keputusan hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Dia menyebut keputusan tersebut tidak adil.

"Enggak ada tekanan saat eksekusi, saya enggak mau berspekulasi, saya bukan spekulator. Yang paling penting adalah saya yakin bahwa putusannya tidak adil karena yang memutuskan tidak tahu perkara ini secara lengkap," ujar Anas usai eksekusi di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Mahkamah Agung telah menolak kasasi yang diajukan oleh mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) itu. Bahkan, majelis kasasi melipatgandakan hukuman pidana terhadap Anas menjadi 14 tahun penjara.

Tidak hanya hukuman penjara, majelis kasasi juga menjatuhkan pidana denda sebesar Rp5 miliar. Selain itu, Anas juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp57.592.330.580. Apabila uang pengganti dalam waktu satu bulan tidak dilunasi, maka seluruh harta kekayaannya akan dilelang dan apabila masih belum cukup, maka Anas terancam hukuma penjara selama empat tahun.

"Nanti uangnya saya siapkan pakai daun jambu," kata Anas sembari tertawa.

Selain pidana penjara dan denda, majelis juga mengabulkan permohonan jaksa pada KPK untuk menjatuhkan hukuman tambahan berupa pencabutan hak dipilih untuk menduduki jabatan publik.

"Jangankan hak politik, kewarganegaraan saja kalau mau dicabut boleh kok. Nggak masalah, yang jadi masalah putusannya tidak adil," terang Anas. (awl)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini