Share

Hari Donor Darah, JK Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

Ahmad Zubaidi, Okezone · Minggu 14 Juni 2015 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 14 337 1165092 hari-donor-darah-jk-ajak-masyarakat-tingkatkan-kepedulian-hobRpU3bcI.jpg Hari Donor Darah, JK Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian (Foto: Zubaidi)

JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar jalan sehat dan aksi simpatik dengan membagikan bunga dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Jalan sehat yang dimulai dari kawasan tugu Monas menuju Bundaran HI dan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat tersebut diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) serta ratusan masyarakat.

"Dalam peringatan tahun ini, saya harap semoga kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan darah yang aman bisa meningkat," ujar JK di lokasi jalan sehat, Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2015).

JK yang juga Ketua Umum PMI ini mencanangkan program 'Desa Donor Darah' yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mulai dari kelompok terkecil agar siap menjadi pendonor darah sukarela dan rutin.

Tak hanya kesadaran para pendonor darah, PMI juga menggalakkan upaya minimalisir risiko tinggi ibu melahirkan, yaitu pendarahan. Hal ini sesuai dengan sub tema yang di usung memperingati Hari Donor Darah Sedunia tahun ini bertema Tetesan Darah untuk Membantu Ibu Melahirkan.

"Kejadian kematian ibu adalah karena mereka tidak memperoleh penanganan yang memadai ketika kasus pendarahan pada ibu melahirkan, banyak kasus terjadi di daerah yang jauh dari rumah sakit atau terjadi di desa," ujar JK.

JK mengatakan, penting bagi masyarakat untuk dapat menjadi pendonor darah secara sukarela dan rutin. Program desa donor darah juga memungkinkan adanya kerja sama antara Puskesmas dan Unit Transfusi Darah PMI serta rumah sakit setempat. 

Dalam kesempatan itu, dilakukan pula serah terima bantuan lima mobil unit donor darah dari PT. Freeport Indonesia kepada PMI sebagai salah satu bentuk dukungan untuk kegiatan pelayanan PMI.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini