Share

Anas Nyatakan Siap Bermubahalah atas Vonis Artijo

Ahmad Zubaidi, Okezone · Kamis 11 Juni 2015 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 11 337 1163566 anas-nyatakan-siap-bermubahalah-atas-vonis-artijo-SiivJLkD5q.jpg

JAKARTA - Putusan majelis kasasi Mahkamah Agung (MA) RI kepada Anas Urbaningrum dinilai sebagai putusan yang meremehkan keadilan hukum di Indonesia. Dalam sebuah surat terbuka dengan judul "Palu Berdarah", mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini menyatakan diri tak membenci sosok Hakim Agung, Artijo Alkostar, yang dinilainya kontroversial.

"Apakah saya benci majelis hukumnya yang memutus secara zalim dan penuh kebencian? Sama sekali tidak! Saya hormati Yang Mulia Pak Artidjo Alkostar, MS Lumme dan Krisna Harahap, yang saya benci adalah kesewenang-wenangan dalam memutuskan perkara yang didakwakan kepada saya," ujar Anas dalam surat itu seperti disampaikan pengacaranya, Handika Honggo Wongson, Rabu (10/6/2015).

Anas menambahkan, kesewenangan dan kezaliman yang dilakukan oleh siapapun dan atas nama apapun, wajib dibenci atas dasar keadilan. "Kesewenangn dalam menggerakkan palu putusan bagi majelis hakim adalah membunuh keadilan. Menjatuhkan vonis dengan brutal adalah tindakan yang membuat palu hakim berlumuran darah," lanjutnya.

Kemandirian majelis kasasi MA, menurut Anas, telah dibelokkan oleh nafsu untuk dipuji dan dipenuhi tendensi kebencian yang alpa kecermatan dan kejernihan. Putusan brutal dan kejam lalu dijadikan sarana "selfie" untuk memuaskan ego pribadi.

"Meskipun sadis dan zalim saya harus jalani, saya doakan bapak-bapak yang mulia makin masyhur dipuji opini dan mendapatkan sorak membahana," terang Anas.

Mantan Ketua Umum PB HMI ini menegaskan meski dirinya harus menjalani hukuman atas sesuatu yang tidak dia lakukan, lantaran itu bagian dari jalan hidup. Selain itu Anas juga menyatakan untuk bermubahalah atau saling melaknat atas vonis 14 tahun yang dia terima.

"Insya Allah mubahalah adalah cara yang tepat, mulia dan kesatria untk menuntun kita semua berani bertanggungjawab," tandasnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini