Share

Kaltara Contoh Sukses Program Transmigrasi

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 04 Juni 2015 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 04 337 1160388 kaltara-contoh-sukses-program-transmigrasi-Kp9c8RsC92.jpg Marwan Jafar (Foto: Okezone)
JAKARTA - Kalimantan Utara sebagai provinsi baru di Indonesia membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) untuk mengembangkan potensi daerah.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar, melihat Kaltara sebagai provinsi baru yang mempunyai potensi alam yang sangat besar.

"Kaltara sebagai provinsi baru tidak bisa dilepaskan dari program transmigrasi yang dulu dilaksanakan," ujar Marwan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Program transmigrasi di Kaltara menurutnya sudah ada sejak tahun 1972. Dengan mendatangkan transmigran dari Pulau Jawa, program transmigrasi yang dilaksanakan di Kaltara dinilai berhasil.

"Keberhasilan transmigrasi di Kaltara bisa dilihat di daerah-daerah yang awalnya merupakan pemukiman transmigrasi. Seperti di Tanjung Palas, Tanjung Palas Utara bahkan sebagian Tanjung Selor (Bulungan) yang sekarang menjadi Ibu Kota provinsi,” ungkap Marwan.

Saat ini sudah ada 40 ribu warga yang dulunya bertransmigrasi di Kaltara. Bahkan kalau dihitung secara persentase jumlah penduduk Kaltara, hampir 10 persennya merupakan warga transmigran.

"Salah satu faktor keberhasilan program transmigrasi di Kaltara diantaranya adalah kesuburan tanah di Kaltara, kemudian ketersediaan lahan dan lapangan pekerjaan," terangnya.

Namun, untuk mensukseskan program transmigrasi, pemerintah harus mendapatkan dukungan dari Pemda.

“Selain keseriusan dari pemerintah, keberhasilan transmigrasi juga didukung oleh kesiapan Pemda. Yakni pemerintah daerah asal, maupun pemerintah daerah yang akan ditempati,”tukasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini