nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Setiap Kali ke Blitar, Hati Saya Bergetar

Qur'anul Hidayat, Jurnalis · Senin 01 Juni 2015 11:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 06 01 337 1158335 jokowi-setiap-kali-ke-blitar-hati-saya-bergetar-dx2nWJDyCP.jpg Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Okezone)

BLITAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutannya dalam peringatan hari lahirnya Pancasila di Alun-Alun Kota Blitar, Jawa Timur. Baginya, kota kelahiran Presiden pertama Indonesia, Soekarno itu selalu membuat hatinya bergetar.

"Setiap kali saya datang ke sini, tempat proklamator lahir, hati saya selalu bergetar," kata Jokowi, Senin (1/6/2015).

Getaran itu muncul, kata Jokowi, saat dirinya menghayati semangat, ide dan cita-cita Bung Karno dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari serta berkepribadian.

Diterima atau tidak, Pancasila oleh Jokowi dianggap sebagai nilai yang harus direalisasikan. Perjuangan untuk mewujudkan nilai-nilai luhur itu tidak akan pernah selesai.

"Dalam menempuh medan perjuangan itu kita harus memerlukan kebersamaan, republik ini membutuhkan gotong-royong," ungkapnya.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar masyarakat punya keberanian untuk mengubah karakter ke arah yang lebih baik.

"Mengutip apa yang pernah disampaikan Bung Karno, pergerakan kita bukan kecil-kecilan, haruslah pada hakikatnya, merubah sifatnya masyarakat. Pergerakan menjebol kesakitan masyarakat sampai ke akar-akarnya," tutup Jokowi.

Acara peringatan lahirnya Pancasila itu juga dihadiri oleh Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Predisen Boediono, Menko PMK Puan Maharani, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD Irman Gusman dan beberapa pimpinan lembaga negara lainnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini