Menag Harap Pelaksanaan Puasa Tahun Ini Serempak

Yudhi Maulana, Okezone · Kamis 28 Mei 2015 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 28 337 1156394 menag-harap-pelaksanaan-puasa-tahun-ini-serempak-U5eP0JxGap.jpg Menag Harap Pelaksanaan Puasa Tahun Ini Serempak (Foto: Ilustrasi)

BOGOR - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, penetapan pelaksanaan ibadah puasa tahun ini diharapkan bisa dilakukan secara serempak. Mengingat ada semangat para ulama dan pimpinan organisasi masyarakat (Ormas) yang menginginkan hal tersebut.

"Ada semangat di antara para ulama dan pimpinan Ormas-Ormas Islam untuk bagaimana agar ramadan ini dilaksanakan secara bersama-sama," katanya saat ditemui di Bogor, Rabu (27/5/2015).

Lukman mengaku, sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Muhammadiyah dan PBNU untuk mempersiapkan penetapan hari pertama puasa. Dari pertemuan tersebut, ia berharap saat sidang isbat nanti penetapan puasa terjadi kesamaan suara.

"Sebagaimana lazimnya pada 29 Sya’ban nanti, kami akan mengundang tokoh-tokoh Ormas Islam, para ulama, kyai dan para pakar-pakar astronomi untuk melakukan sidang isbat. Pada saat itulah nanti akan kita lihat, apakah hilal sudah terlihat atau belum," ujarnya.

Lukman menambahkan, jika hilal sudah terlihat pada 29 Sya’ban setelah waktu Maghrib, maka keesokan harinya sudah 1 ramadan. Namun, bila belum terlihat, maka Sya’ban ini akan disempurnakan menjadi 30 hari. Sehingga 1 ramadan baru jatuh pada lusa.

 

 Menag Harap Pelaksanaan Puasa Tahun Ini Serempak

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini