Tolak Pemberian Soeharto, Habibie Tinggal di Rumah Cicilan

ant, · Senin 25 Mei 2015 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 25 337 1154623 tolak-pemberian-soeharto-habibie-tinggal-di-rumah-cicilan-ConcDCjkJP.jpg Presiden ketiga RI BJ Habibie. (dok.Okezone)

JAKARTA – Sewaktu menjabat menteri negara riset dan teknologi (menristek), BJ Habibie menolak menggunakan rumah dinas. Padahal, saat itu ia diminta Presiden kedua RI Soeharto untuk menempati rumah tersebut.

Habibie mengatakan, ia menolak menggunakan rumah itu karena dirinya sudah menyicil sebuah rumah tinggal. Rumah yang ia cicil di Kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan tersebut sudah ia tinggali sejak sebelum menjabat menteri.

"Saat itu rumah dibeli dengan cara menyicil. Saya diminta Pak Soeharto masuk menempati rumah dinas yang ditempati Soemitro Djojohadikusumo. Saya tidak mau," ujarnya beberapa waktu lalu.

Habibe juga menceritakan satu dinding pendopo di rumahnya merupakan dinding asli dari masa Kerajaan Majapahit.

"Ibu Ainun yang menemukan dinding itu di Jawa Timur. Dia panggil arsitek dari ITB untuk memproyeksikan dinding itu di pendopo," katanya.

Habibie juga membangun perpustakaan di rumahnya. Hal itu ia lakukan setelah belajar dari pembangunan pendopo yang telah dibangun sebelumnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini