Pelantikan Pengurus Baru Peradi Diprotes

Rizka Diputra, Okezone · Jum'at 22 Mei 2015 11:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 05 22 337 1153542 pelantikan-pengurus-baru-peradi-diprotes-eMK4eIRe7o.jpg ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Sejumlah advokat muda dari Gerakan Advokat Muda Peradi memprotes pelantikan sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Nasional Pehimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) yang berlangsung di Hotel Pullman, Jakarta Pusat tadi malam.

Koordinator Gerakan Advokat Muda Peradi, Ombun Sidahuruk mengatakan, pelantikan oleh Juniver Girsang yang mengklaim sebagai Ketua Umum Peradi 2015-2020, adalah tidak sah, karena Munas Peradi kedua di Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu belum menetapkan Ketua Umum.

"Munas Peradi kedua, ditunda karena adanya segerombolan orang yang belakangan diketahui adalah pimpinan dari Asosiasi Advokat Indonesia. Hadir di munas tanpa memiliki surat mandat sebagai peserta munas," tegas Ombun, Jumat (22/5/2015).

Ombun menambahkan, karena munas tersebut ditunda, sehingga ketua baru terpilih belum ada. Ia bahkan menyebut, perbuatan mengaku-ngaku sebagai ketua Umum Peradi merupakan perbuatan pidana, lantaran telah memberikan keterangan palsu, yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.

"Sebanyak 60 DPC Peradi dari total 67 DPC Peradi masih mengakui kepemimpinan Otto Hasibuan, memberikan perpanjangan pengurus untuk melanjutkan Munas Peradi kedua atau lanjutan," tuturnya.

Sementara itu, secara terpisah, Juniver Girsang menegaskan, pihaknya akan melakukan rekonsiliasi serta menciptakan situasi harmonis dan solid di tubuh Peradi. Ia mengaku siap mundur jika sudah tercapai rekonsiliasi.

Peradi Siap Turun ke Jalan untuk Tolak RUU Advokat

"Kami bersedia mundur kalau sudah ada rekonsiliasi yang mantap dan konkret. Makanya, kami nyatakan, kami cukup satu periode," ujar dia.

Sedangkan tentang munas lanjutan untuk kembali berkompetisi di Pekanbaru, Juniver dengan tegas menolaknya. "Dasar mereka usulkan munas sudah enggak sesuai dengan AD/ART," tandas Juniver.

(put)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini