nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadikan Harkitnas sebagai Kebangkitan Pelabuhan Indonesia

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Rabu 20 Mei 2015 23:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 20 337 1152854 jadikan-harkitnas-sebagai-kebangkitan-pelabuhan-indonesia-mkYgr1m1FC.jpg Foto: ilustrasi Okezone

JAKARTA - Momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sudah saatnya direspons sebagai kebangkitan pelabuhan Indonesia. Pasalnya, Indonesia sebagai negara dengan pasar ekspor impor yang sangat besar sudah seharusnya memiliki pelabuhan nasional yang patut dibanggakan.

"Pelayanan efisien di pelabuhan akan meningkatkan daya saing nasional dan kemakmuran rakyat," ujar Ketua Serikat Pekerja PT Jakarta International Container Terminal (JICT) Nova Hakim saat menghadiri Harkitnas di Jakarta (20/5/2015).

Menurutnya, sudah saatnya Indonesia terutama peran negara bersinergi membangun layanan pelabuhan yang handal. Kebanggaan pelabuhan adalah nasionalisme dan kedaulatan.

Dia mengatakan, keberhasilan JICT dalam meningkatkan produktivitas tidak lepas dari peran pekerja yang sangat vital. Pemerintah harus berperan penting untuk melindungi pekerja agar dapat memiliki mindset melayani dan meningkatkan produktivitas pelabuhan di Indonesia bukan malah dibuat tidak kondusif.

”Pola pelayanan pelabuhan seharusnya juga bisa mencerminkan sinergi antara stakeholders pelabuhan yang masih belum optimal sampai saat ini. Pelabuhan menjalankan fungsi pelayanan publik dan komersial sehingga harus ada langkah-langkah preventif melalui regulasi serta kebijakan yang bisa membuat fungsi ini seimbang,” pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini