nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harkitnas Momentum Desa Bangkit dari Ketertinggalan

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Rabu 20 Mei 2015 20:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 20 337 1152795 harkitnas-momentum-desa-bangkit-dari-ketertinggalan-V1hnkZO5j5.jpg Foto: ilustrasi Okezone
JAKARTA - Semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar bisa menjadi penyemangat untuk membangkitkan kehidupan masyarakat desa yang selama ini masih tertinggal.

"Kalau Budi Utomo berdiri mengagas pendirian sebuah organisasi sosial, ekonomi, dan kebudayaan untuk mempelopori kemerdekaan. Di era sekarang harus menjadi penyemangat untuk masyarakat desa untuk bangkit dan lepas dari ketertinggalan," terang Marwan di Jakarta, Rabu (20/5).

Kata Marwan, untuk meningkatkan martabat bangsa, harus dimulai dengan meningkatkan harkat dan martabat masyarakat desa yang selama ini masih mengalami ketimpangan dari sisi ekonomi dengan masyarakat yang hidup di perkotaan.

Oleh karena itu, dengan adanya kementerian yang khusus mengurusi persoalan desa, masyarakat mempunyai kesempatan dan bisa berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan masyarakat dan kawasan perdesaan menjadi prioritas bagi kementerian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," ujarnya.

Kementerian yang dipimpin Marwan mendapatkan mandat dari Presiden Jokowi untuk memfokuskan pada pembangunan desa-desa yang ada di perbatasan dan pulau-pulau terluar.

"Selama ini daerah-daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar masih sangat tertinggal. Padahal, daerah-daerah perbatasan seharusnya menjadi beranda terdepan negara Indonesia agar bangsa Indonesia tidak dianggap remeh oleh negara tetangga," tukasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini