Advokat Dorong Kepengurusan Peradi Segera Disahkan

Mohammad Saifulloh, Okezone · Rabu 20 Mei 2015 16:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 05 20 337 1152601 advokat-dorong-kepengurusan-peradi-segera-disahkan-JI1WY9vNPn.jpg (Foto: www.peradi.or.id)

JAKARTA - Advokat Teguh Samudera menyatakan Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) perlu segera membentuk dan mengesahkan kepengurusan baru. Langkah itu, kata Teguh, perlu dilakukan supaya roda organisasi bisa terus berjalan.

"Hendaknya Doktor Juniver, yang saya dengar terpilih sebagai ketua umum saat Munas di Makassar segera menjalankan roda organisasi supaya bisa mengurusi anggota. Peradi adalah organisasi yang didirikan untuk mengayomi profesi advokat," ujar Teguh di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-II Peradi di Makassar pada Maret lalu, Juniver Girsang disebut terpilih sebagai ketua umum DPN Peradi periode 2015-2020.

Teguh mengatakan, Peradi sebagai organisasi advokat memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Tugas dan tanggung jawab itu di antaranya menyelenggarakan pendidikan dan ujian profesi advokat, memberikan lisensi beracara pada advokat, dan mengangkat advokat baru.

Menurut Teguh, kepengurusan Peradi yang baru bila tidak segera disahkan maka akan berdampak besar terhadap para calon advokat atau yang sudah menjadi advokat. Ia mendengar, akibat belum disahkannya kepengurusan Peradi banyak yang belum dilantik atau mengikuti ujian profesi. "Jangan sampai ada hal-hal yang merugikan anggota, apalagi merugikan pencari keadilan," ujar Teguh.

Oleh karena itu, kata dia, Juniver sebagai ketua umum Peradi terpilih perlu segera melakukan konsolidasi internal agar organisasi advokat tersebut bisa segera melayani anggotanya.

Selain itu, menurut Teguh, Juniver perlu memberikan penjelasan kepada pengurus daerah terkait pentingnya keberadaan Peradi sehingga kepengurusan baru perlu segera disahkan. "Tidak perlu mendengarkan suara-suara miring," ujar Teguh.

Terkait keberadaan Peradi mendatang, Teguh berpesan kepada Juniver supaya memimpin dan menjalankan organisasi advokat secara transparan, akuntabel dan tidak arogan. Sebab, kata Teguh, Peradi membutuhkan kepemimpinan yang mau menjalankan amanat anggota dan organisasi.

(ful)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini