nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Perlu Regenerasi Kepemimpinan Nasional

Ahmad Zubaidi, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2015 23:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 05 19 337 1152239 indonesia-perlu-regenerasi-kepemimpinan-nasional-I6lZCNrTcC.jpg Foto: Okezone ilustrasi

JAKARTA - Aktivis Petisi 28, Haris Rusli menyebut Indonesia saat ini sedang mengalami darurat multidimensi dan krisis kepemimpinan nasional. Hal itu melahirkan ketidakpastian kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Kami menuntut Presiden Joko Widodo menata ulang negara, nilai-nilai dasar berbangsa berbasis pancasila dan filosofi UUD 1945," ujarnya dalam diskusi publik di Tebet Jakarta Selatan, Selasa (19/5/2015).

Joko Widodo sebagai Kepala Negara, menurut Haris, dapat mengambil inisiatif untuk mengeluarkan Dekrit Presiden kembali kepada UUD 1945 disertai dengan langkah politik kerakyatan.

"Jika Jokowi tidak melakukannya. Rakyat, pemuda dan mahasiswa serta jajaran aparat dapat melakukan gerakan people power mendesak pemerintah melakukan sidang istimewa MPR RI," tegasnya.

Hal itu bertujuan untuk mengembalikan asas Pancasila dan UUD 1945 yang saat ini luntur.

Haris menambahkan regenerasi kepemimpinan nasional juga perlu segera dilakukan untuk mengakhiri kekuasaan oligarki tua yang korup dan khianat.

"Untuk itu, kami menyerukan seluruh elemen rakyat, pemuda, mahasiswa, rohaniawan dan tentara bersatu padu mengakhiri upaya adu domba politik dengan menciptakan isu dikotonomi antar sipil dengan militer, Jawa dengan luar Jawa, Islam dengan non Islam," tutupnya.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini