Setnov Berharap Jokowi Segera Lakukan Reshuffle

Angkasa Yudhistira, Okezone · Kamis 07 Mei 2015 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 07 337 1146014 setnov-berharap-jokowi-segera-lakukan-reshuffle-Q34eO2E7VV.jpg Ketua DPR RI Setya Novanto. (dok.Okezone)

JAKARTA – Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) mengatakan perombakan kabinet (reshuffle) merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia berharap Jokowi segera melakukan perombakan menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja dalam waktu dekat ini.

"Tentu reshuffle ini kita harapkan segera. Kita tahu sudah enam bulan para menteri menjalankan program. Ada hal-hal yang saya lihat beberapa menteri perlu dievaluasi, dan kita harapkan semua ada di kantong Presiden," ujarnya, Kamis (7/5/2015).

Namun, politikus Partai Golkar itu tak menjelaskan secara rinci soal kemungkinan masuknya kader partai pohon beringin ke Kabinet Kerja Jokowi. "Ya itu kan semua wewenang Presiden. Walaupun saya memiliki beberapa pertimbangan, kita percayakan kepada Presiden," ujar Setnov.

Isu terjadinya perombakan menteri dalam Kabinet Kerja terus berkembang setelah Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan reshuffle perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pemerintah. Namun, pria asal Makassar tersebut khawatir pernyataannya dipelintir wartawan. Sebab, isunya semakin berkembang.

Sebelummya, sejumlah menteri koordinator dinilai layak terkena reshuffle. Pengamat politik, AS Hikam, mengatakan, Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani layak kena reshuffle. Sebab, selama enam bulan menjabat, kinerjanya belum maksimal.

Selain Puan, Menko Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhi Purdjiatno juga dinilai pantas terkena reshuffle. Sebab, selama ia menjabat, kegaduhan politik dan hukum kerap muncul. Seperti, kisruh antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Polri.

Meski begitu, AS Hikam berharap dua menko tersebut tidak didepak dari Kabinet Kerja. Menurutnya, lebih baik dua menko itu ditempatkan di kementerian lain.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini