Share

Bila Jadi Wakapolri, Gelar Perkara Kasus BG Tetap Digelar

Bayu Septianto, Okezone · Rabu 22 April 2015 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 22 337 1138143 bila-jadi-wakapolri-gelar-perkara-kasus-bg-tetap-digelar-AbP0fXji7y.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Bareskrim Polri bersikukuh akan melakukan gelar perkara kasus dugaan suap dan penerimaan gratifikasi yang menjerat Komjen Pol Budi Gunawan (BG), walaupun nantinya BG akan dilantik menjadi Wakapolri.

Meski belum ada pengumuman resmi perihal ditunjuknya BG sebagai Wakapolri, namun BG diisukan menjadi calon kuat untuk mendampingi Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

"Dalam rangka penggelaran masalah perkara itu harus tetap (dilaksanakan)," ujar Budi Waseso saat berada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/4/2015) malam.

Jenderal bintang tiga yang akrab disapa Buwas itu mengakui kurangnya koordinasi antara pihak-pihak yang akan diundang dalam gelar perkara yang seharusnya dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kurangnya koordinasi itu menyebabkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan juga sejumlah ahli yang diundang dalam gelar perkara itu berhalangan hadir.

Menurutnya, gelar perkara itu haruslah didatangi oleh sejumlah pihak sehingga menunjukkan keterbukaan Bareskrim dalam menangani kasus dugaan gratifikasi Kepala Lemdikpol Polri itu yang sebelumnya ditangani KPK.

"Undangannya tidak sampai. Kalau tidak lengkap kan tidak siap. Kita ingin semua transparan," tegas Buwas.

Sebelumnya, KPK pada Maret lalu telah resmi melimpahkan kasus yang menjerat BG itu ke Kejagung. Hal itu dikarenakan, KPK sudah tidak bisa lagi menangani kasus tersebut. Putusan sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, melalui Hakim Sarpin Rizaldi menyatakan penetapan tersangka oleh KPK terhadap BG tidak sah. Namun, Kejagung akhirnya melimpahkan berkas perkara itu ke Bareskrim Mabes Polri.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini