Masa Jabatan Jokowi Diprediksi Mirip Gus Dur

Raiza Andini, Okezone · Minggu 19 April 2015 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 19 337 1136676 masa-jabatan-jokowi-diprediksi-mirip-gus-dur-2ngXkQgzs1.jpg Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (foto: Antara)

JAKARTA - Janji-janji dan jargon Nawacita serta Tri Sakti yang digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum juga terealisasi.

Sejumlah menteri di dalam kabinetnya pun telah melakukan hal-hal offside yang memperburuk citra Kabinet Kerja ala Jokowi-Jusuf Kalla (JK). Tak hanya itu, gaya pemerintahan Presiden Jokowi yang tidak tegas dan masih tunduk terhadap partai pengusungnya membuat mantan Gubernur DKI Jakarta itu perlu diruwat agar Indonesia tidak terpuruk.

Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro meramalkan masa pemerintahan Presiden Jokowi akan sama dengan mantan Presiden BJ Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Megawati yang hanya berhasil memimpin Indonesia dalam waktu singkat.

"Jika kondisinya seperti ini terus, Jokowi nasibnya akan sama kayak Megawati, BJ Habibie dan Gus Dur. Dia (Jokowi) tidak akan lama memimpin Indonesia," ungkap wanita yang akrab disapa Wiwiek itu di kantor DPP Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK), di Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan, Minggu (19/4/2015).

Lebih jauh, Wiwiek memprediksi akan jatuhnya kepemimpinan Jokowi-JK yang terlihat dari kurang harmonisnya hubungan antara legislatif dengan eksekutif.

"Baru kali ini DPR dam Presiden tidak bersinergi dengan baik. Ini akan memunculkan citra yang buruk," tambahnya.

Terlebih, Jokowi dan JK terlihat kurang kompak dalam model kepemimpinannya. Dia melihat, kondisi politik dan demokrasi yang rapuh.

"Jokowi-JK tak saling mengisi dan melengkapi itu yang saya tangkap. Kinerja pemerintah baru akan meresahkan publik," simpulnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini