Rakernas Peradi hanya Akui Kepengurusan Otto Hasibuan

Mohammad Saifulloh, Okezone · Minggu 19 April 2015 15:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 19 337 1136672 rakernas-peradi-hanya-akui-kepengurusan-otto-hasibuan-hKyJnuPGgH.jpg Otto Hasibuan (foto: Okezone)

JAKARTA - Rakernas Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menghasilkan beberapa keputusan penting.

Di antaranya merekomendasikan pengurus DPN Peradi untuk melaksanakan munas berikutnya paling lambat enam bulan, mendesak DPN untuk mengubah peraturan rumah tangga organisasi (PRT) dan hanya mengakui Kepengurusan DPN Peradi dibawah kemimpinan Ketua Umum Otto Hasibuan.

“Perubahan PRT tersebut ditujukan agar tidak terjadi kevakuman kepengurusan DPN Peradi pasca Munas Makasar,” tegas Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan seusai menutup Rakernas Peradi di Pekanbaru.

Menurut Otto, keputusan tersebut diambil secara bulat oleh dua DPD dan 60 DPC dari 67 cabang yang ada di seluruh Indonesia.

Lantaran itu, Otto akan secepatnya melakukan konsolidasi organisasi untuk menindaklanjuti rekomendasi dan segera melaksanakan munas Peradi. “Kita sedang pertimbangkan waktu dan tempatnya secepatnya,”tegasnya.

Dengan hadirnya 60 cabang tersebut terbukti bahwa Peradi masih solid dan tidak ada perpecahan. Seluruh peserta Rakernas menghendaki persatuan dan menjaga independensi organisasi.

“Independensi Advokat itu sangat penting karena tanpa adanya independensi tidak akan ada rule of law,” jelas Otto.

Otto akan berupaya untuk melakukan rekonsiliasi seluruh advokat yang berbeda pendapat pasca munas makasar selama ini.

“Kepada seluruh anggota tidak perlu kawatir karena seluruh kegiatan adminitrasi seperti penerbitan kartu advokat dan pengumuman ujian advokat serta pendidikan PKPA dan kegiatan lainnya tetap berjalan seperti sediakala,”tambahnya.

Dalam dinamika rakernas banyak peserta yang mengusulkan pemberhentian Hasanudin Nasution sebagai Sekjen DPN Peradi. Akan tetapi Otto masih mempertimbangkannya.

“Yang paling bijak jika saudara Hasanudin Nasution segera menentukan sikap mengundurkan diri dari jabatan sekjen dan tidak berada di dua perahu pada waktu yang bersamaan,” lanjut Otto.

Panitia Rakernas Peradi di Pekanbaru, Patar Sitanggang SH menegaskan pelaksanaan rakernas berlangsung lancar, tanpa hambatan berarti. Meski pengamanan dilakukan secara ketat, hal tersebut hanya sebagai antisipasi terjadinya hal-hal tak diinginkan.

"Rakernas kondusif dan berlangsung secara kekeluargaan. Kita dibantu oleh aparat kepolisian dan kesiapan panitia yang memastikan rakernas ini aman dan lancar," katanya.

(fid)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini