Share

Istana Hindari Isu Pencalonan BG sebagai Wakapolri

Angkasa Yudhistira, Okezone · Rabu 08 April 2015 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 08 337 1131029 istana-hindari-isu-pencalonan-bg-sebagai-wakapolri-j1zfRUwoQN.jpg Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (dok.Okezone)

JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengatakan pihaknya sedang menghindari isu pencalonan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Wakapolri.

"Karena proses di DPR sedang berjalan. Presiden juga sebagaimana disampaikan beberapa kesempatan akan menghargai mekanisme yang berlaku," Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (8/4/2015).

Mantan Rektor UGM itu mengaku bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya fokus pada proses uji kepatutan dan kelayakan Badrodin Haiti.

"Kemudian kita berharap menyetujui Pak Badrodin Haiti sebagai kapolri yang baru. Jadi, kita fokus ke situ lah. Harapan itu yang paling besar. Karena Presiden kan sudah mengajukan ke DPR," ucap Pratikno.

Presiden Jokowi, sambungnya, percaya Badrodin Haiti akan melakukan reformasi kepolisian dan pemberantasan korupsi.

"Kami percaya Pak Badrodin bersama dengan mekanisme internal Polri akan menentukan orang yang terbaik untuk masuk ke jajaran pimpinan Polri," ucapnya.

Sementara itu, Calon Kapolri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, semua Jenderal Polisi bintang tiga berpeluang menjadi Wakil Kapolri. Pemilihannya dilakukan dalam rapat Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti)Polri. Namun, nama terpilih tetap harus mendapat persetujuan Presiden.

"Kemudian diajukan ke Presiden, mana yang disetujui Ya terserah bapak Presiden. Kalau sudah diajukan Wanjakti, ya berarti sudah yang terbaiklah," kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini