nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KontraS Kritisi Impunitas di Indonesia

Gunawan Wibisono, Okezone · Jum'at 20 Maret 2015 18:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 20 337 1121830 kontras-kritisi-impunitas-di-indonesia-3Qk2YfkEuC.jpg HUT KontraS

JAKARTA - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) tepat pada 20 Maret 2015 ini merayakan hari ulang tahun Ke-17. Acara ulang tahun tersebut KontraS mengambil tema “Kebal Hukum: Modus Jahat Para Penjahat".

Koordinator KontraS Haris Azhar mengatakan alasan diambilnya tema tersebut, kerena berawal dari kegalauan KontraS terkait impunitas di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini. Sebab, sejumlah pelaku pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia, sebagian besar di antaranya tidak diadili bahkan sama sekali tidak disentuh oleh aparat penegak hukum.

"Mereka masih bebas berkeliaran tanpa merasa perlu bertanggung jawab atas kejahatan yang telah dilakukan. Ironisnya, negara cenderung membiarkan hal ini terus-terusan terjadi, dari tahun ke tahun," ujar Haris di Kantor KontraS, Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Haris menambahkan, KontraS selalu konsisten melawan impunitas terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu di Indonesia yang kian berkembang hingga saat ini.

"Padahal pihak keluarga tidak pernah berhentin menyatakan kerinduan yang menahun, kehilangan tak akan pernah basi. Hilangnya boleh tahun 1975 atau 1998, tapi nyerinya bisa datang kapan saja sampai entah, apalagi bila melihat pelakunya masih bisa tertawa," jelasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini