nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Eksekusi Mati, Jokowi Harus Hati-Hati Jebakan Abbott

Feri Agus Setyawan, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2015 10:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 03 07 337 1115051 soal-eksekusi-mati-jokowi-harus-hati-hati-jebakan-abbott-dSk7nlrLWt.jpg

JAKARTA – Director Paramadina Graduate School of Diplomacy, Dinna Wisnu, menduga Australia sedang memainkan peran untuk menjatuhkan citra Indonesia di mata dunia melalui penolakan terhadap pembatalan eksekusi mati dua warga negaranya.

"Australia ini jatuhkan citra Indonesia di mata dunia dalam ranah demokrasi. Mereka ingin mengatakan bahwa Indonesia tidak memedulikan HAM, karena demokrasi berkaitan dengan HAM," tuturnya saat diskusi 'Diplomasi dan Hukuman Mati' di Rumah Makan Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2015).

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus sangat berhati-hati dengan politik yang sedang dimainkan Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Hal itu lantaran Negeri Kanguru sedang memainkan “kartu licin”, yakni isu demokrasi.

"Jadi, harus hati-hati. Indonesia bisa masuk jebakan ini dan bisa kita lihat Australia sedang memainkan kartu licinnya (demokrasi). Jangan sampai salah langkah Indonesia," jelasnya.

Lebih jauh Dinna membeberkan tentang gaya kepemimpinan dua kepala pemerintahan itu dalam menanggapi isu eksekusi mati yang akan dilakukan Pemerintah Indonesia.

"Gayanya (Jokowi dan Abbott) sama-sama keras dan cuek. Abbott tipe yang cuek, sama halnya dengan Jokowi dalam menanggapi masalah. Karena, mereka berdua selalu langsung menuju ke pokok masalah," tandasnya.

(isn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini