JK Dukung Budi Gunawan Laporkan Balik KPK

Gunawan Wibisono, Okezone · Rabu 21 Januari 2015 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 21 337 1095184 jk-dukung-budi-gunawan-laporkan-balik-kpk-oebyLiAdtU.jpg JK Dukung Budi Gunawan Laporkan Balik KPK (foto: Antara)

JAKARTA - Komjen Pol Budi Gunawan melaporkan dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Kejaksaan Agung.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyambut baik atas tindakan yang dilakukan oleh Budi Gunawan. Sebab, setiap warga negara memiliki persamaan di mata hukum.

"Semua orang tentu bisa mempunyai kekuatan hukum, upaya hukum itu kan hak masing-masing," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

 

Selain itu, mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut juga mengapresiasi langah Mabes Polri yang melayangkan surat praperadilan guna mengambil langkah hukum terkait penetapapan tersangka Budi Gunawan.

"Pak Gunawan tentu akan mengadakan pengadilan tambahan tentang hak-nya untuk diperiksa sebagai tersangka, kan kita menganut praduga tak bersalah. Proses selanjutnya tentu juga ada alasan," jelasnya.

Sebelumnya, selain melakukan gugatan praperadilan atas status tersangka Budi Gunawan yang ditetapkan KPK, pengacara Budi Gunawan, Razman Arif Nasution juga melaporkan Bambang Widjojanto dan Abraham Samad ke Kejaksaan Agung, lantaran telah menandatangani penetapan tersangka Budi Gunawan.

Razman mengatakan, pihaknya akan melaporkan Samad dan Bambang dengan pasal 421 KUHP jo UU Tindak Pidana Korupsi. Pasal itu berisi: Seorang pejabat yang menyalahgunakan kekuasaan memaksa seseorang untuk melakukan, tidak melakukan atau membiarkan sesuatu, diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan.

Dia menambahkan, kedua pimpinan KPK itu telah melanggar prosedur dalam penetapan tersangka terhadap kliennya.

(fid)

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini