nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foto Mesra Abraham Samad, Roy Suryo: Banyak Aplikasi Merekayasa

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Rabu 14 Januari 2015 11:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 01 14 337 1091995 foto-mesra-abraham-samad-roy-suryo-banyak-aplikasi-merekayasa-JWxLmTXS2O.jpg Foto Mesra Abraham Samad, Roy Suryo: Banyak Aplikasi Merekayasa (foto: Ist)

JAKARTA - Tersebarnya foto mesra yang mirip dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad menghebohkan masyarakat . Berbagai tanggapan bermunculan perihal foto Abraham bersama dengan wanita cantik salah satu pemenang kontes kecantikan itu.

Pakar Telematika Roy Suryo mengatakan, butuh waktu untuk mengetahui kebenaran dari foto tersebut. Sebab, saat ini banyak aplikasi yang memungkinkan rekayasa terhadap foto.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II ini belum bisa menyimpulkan keaslian foto tersebut. Sebab, menurutnya banyak kasus serupa yang terjadi sebelumnya.

"Dahulu-dahulu semuanya juga begitu. Sehingga perlu waktu mendapatkannya, apakah memang benar asli atau sekedar rekayasa," ujar Roy kepada Okezone di Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Roy menyatakan, harus dilakukan analisa lebih lanjut dalam kasus ini. Salah satunya adalah dengan sumber yang akurat. Menurutnya, kesulitan analisa ini, disebabkan oleh foto berupa kolase gabungan.

"Tidak boleh Analisa hanya berdasarkan sumber yang tidak benar, harus menggunakan sumber akurat," tegasnya.

Kendati demikian, Roy mengaku telah mendengar kabar tersebut. Dia mendapatkan pesan elektronik berantai dari akun tidak dikenal. Menurutnya sumber pesan elektronik tersebut tidak cukup akurat.

"Sementara memang sedang di-trace. Memang ada satu akun e-mail yang subuh tadi menebar foto-foto itu, ke hampir semua media massa, alamat e-mailnya wijayantiandini@yahoo.co.id dan kemudian diposting juga melalui Twitter @CahayaReformas1 (Meski juga dijelaskan bahwa mereka mendapatkan dari sumber akun e-mail yang sama)," jelasnya. (sna)

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini