Mantan Menhub Pertanyakan Penghapusan Biaya Murah ke Jonan

Awaludin, Okezone · Sabtu 10 Januari 2015 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 10 337 1090460 mantan-menhub-pertanyakan-penghapusan-biaya-murah-ke-jonan-lS9Aun6Xs1.jpg Mantan Menhub Pertanyakan Penghapusan Biaya Murah ke Jonan (ilustrasi)

JAKARTA - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, telah menghapus sistem Low Cost Carrier (LCC) atau penerbangan dengan biaya rendah di seluruh maskapai.

Menurut Menteri Perhubungan era Presiden Abdurahman Wahid, Budi Muliawan Suyitno, penghapusan LCC itu harus diperjelas oleh Menhub.

"Soal LCC harus diperjelas, itu semua dihemat karena tidak ada makan, minum, dan tidak ada agenda tiket, terminalnya juga dihemat, kecuali keselamatannya," kata Budi kepada wartawan usai Polemik Sindo Trijaya Network dengan tema 'Wajah Penerbangan Kita' di Jakarta Pusat, Sabtu (10/1/2015).

"Jadi semuanya dihemat kecuali keselamatan. Itu harga mati, tidak boleh ditawar-tawar," sambungnya.

Namun, kata dia, sering kali terjadi godaan muncul di saat semuanya dihemat termasuk keselamatan para penumpang.

"Godaan inilah yang harus diawasi. Godaan misalnya menghemat fuel cadangan, menghemat pengecekan untuk crew, ban dihemat. Ini yang harus diawasi karena godaan besar sekali, kita berhubungan dengan pelaku bisnis pasti mencari untung. Kalau rugi di sini pasti disubsidi dari sektor lainnya," tuturnya.

"Ini momentum yang sangat baik, Insya Allah korban tidak akan sia-sia. Ini akan menjadi martir perbaikan untuk seluruh sistem penerbangan di Indonesia sehingga kita memberikan hormat, respek, dan doa untuk mereka semua," tegasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini