nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korupsi Haji, KPK Periksa Kerabat SDA

Feri Agus Setyawan, Jurnalis · Rabu 07 Januari 2015 12:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 01 07 337 1088952 korupsi-haji-kpk-periksa-kerabat-sda-nbDXphHk2e.jpg Korupsi Haji, KPK Periksa Kerabat SDA (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 yang telah menjerat mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA).

Kali ini, pria yang diduga sahabat SDA, Richard Lessang akan diperiksa penyidik KPK sebagai saksi.

"Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SDA," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/1/2015).

Selain Richard, KPK juga akan meminta keterangan dari M Noer Alya Fitra yang juga dipanggil sebagai saksi untuk tersangka yang mantan menteri di era SBY itu. "Dia juga saksi untuk tersangka SDA," jelas Priharsa.

Dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama, KPK telah menetapkan SDA sebagai tersangka. Selaku Menag saat itu, SDA diduga telah menyalahgunakan wewenang dan melakukan perbuatan melawan hukum untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi.

Modus penyalahgunaan wewenang yang diduga dilakukan mantan Ketua Umum PPP itu antara lain dengan memanfaatkan dana setoran awal haji milik masyarakat untuk membiayai keluarga, koleganya serta pejabat dan tokoh nasional untuk pergi naik haji.

Atas perbuatannya, SDA dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 KUHPidana.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini