Jokowi Ngaku Menangis saat Tsunami Hantam Aceh

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 26 Desember 2014 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 26 337 1084211 jokowi-ngaku-menangis-saat-tsunami-hantam-aceh-bnP6h5mATY.jpg Jokowi Ngaku Menangis saat Tsunami Hantam Aceh
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal memimpin upacara puncak peringatan 10 tahun tsunami Aceh yang jatuh pada hari ini, 26 Desember 2014. Namun, Jokowi mengaku mempunyai kenangan tersendiri saat tsunami Aceh sepuluh tahun lalu.

"Mengenang tsunami Aceh dan Nias adalah mengenang tentang kesedihan yang luar biasa, sepuluh tahun yang lalu yaitu 26 Desember 2004 seluruh bangsa Indonesia menangis ketika gelombang tsunami menghantam wilayah Aceh dan Nias," kata Jokowi melalui akun Facebook Joko Widodo, Jumat (26/12/2014).

Menurutnya, Aceh adalah tempat pertama kali dia belajar kehidupan setelah ia tamat kuliah di Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta.

"Saya dan isteri merantau ke Aceh. Saya masih ingat bagaimana keramahan warga Aceh, tertawa bersama dengan mereka dan menjalani hidup dengan ibadah yang kuat di masjid-masjid. Bisa dikatakan 'Aceh adalah kampung saya," kenangnya.

Dia terkejut, saat mendengar gempa bawah laut berkekuatan 9,1 skala Richter yang mengguncang Samudera Hindia di lepas pantai Sumatera Utara, yang mengakibatkan tsunami di Aceh. Jokowi mengaku menangis saat mendengar banyak warga Aceh yang menjadi korban akibat tsunami tersebut.

"Ketika tsunami menghantam saya menangis, karena di sana banyak kawan-kawan saya di masa lalu. Saat itu saya menyaksikan bagaimana seluruh rakyat Indonesia bersatu membantu Aceh dan Nias," ujarnya.

Saat itu, kata Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), bergerak cepat dan tangkas sampai pada tahap penyelesaian konflik yang ditangani oleh JK.

"Juga Presiden keenam Pak SBY yang dengan kekuatan hatinya menata Aceh dengan tekun dari kehancuran akibat tsunami, seluruh rakyat Indonesia bergerak, kita merasakan sebagai bangsa yang bersatu. Mari kita berdoa sejenak untuk saudara-saudara kita yang telah tiada terhantam gelombang Tsunami, semoga Allah SWT memberikan tempat yang baik di sisi-Nya," pungkasnya. (fmi)

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini