nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Polhukam: Konflik Paniai Terselesaikan Secara Adat

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 16 Desember 2014 14:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 12 16 337 1079945 menko-polhukam-konflik-paniai-terselesaikan-secara-adat-FUR114SlSl.jpg Menko Polhukam: Konflik Paniai Terselesaikan Secara Adat

JAKARTA - Menteri Koordinator Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, akan terus menyelidiki dugaan keterlibatan oknum TNI dan Polri dalam kerusuhan yang terjadi di Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua, Senin 8 Desember lalu.

"Harus diselidiki kalau ada TNI-Polri terlibat akan ditindak," kata Tedjo di Balai Samudra, Jakarta Utara, Selasa, (15/12/2014).

Tedjo menjelaskan, saat ini proses penyelidikan masih berjalan. Polda Papua terus melakukan olah tempat kejadian perkara di beberapa lokasi.

Dalam olah TKP tersebut, polisi menemukan jerigen (wadah) berisi bekas bahan bakar yang diduga digunakan untuk membakar Kantor KPUD. Beberapa alat bukti lain berupa sisa pembakaran dan perusakan juga dikumpulkan.

Untuk penyelesaian konfliknya, Tedjo mengaku sudah terjadi kesepakatan damai antara TNI, Polri dan masyarakat setempat, proses rekonsiliasi konflik dilakukan secara adat.

"Antara TNI-Polri dengan masyarakat adat sudah ada kesepakatan akan diselesaikan dengan cara adat bakar batu sudah diselesaikan itu," terangnya. 

(sna)

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini