nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duka di Tengah Perayaan Hari HAM Sedunia

Syamsul Anwar Khoemaeni, Okezone · Rabu 10 Desember 2014 15:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 12 10 337 1077352 duka-di-tengah-perayaan-hari-ham-sedunia-2TnaqWxQf9.jpg Duka di Tengah Perayaan Hari HAM Sedunia (foto: Syamsul/Okezone)

JAKARTA - Perayaan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang digelar Komnas HAM di Jalan Latuharhary, Jakarta, tak sepenuhnya dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Meski sederet artis Ibu Kota, seperti Zaskia Gotik, Delon, serta Siti Badriah meramaikan Perayaan HAM Sedunia, namun sejumlah orang masih merasakan duka atas ketidakadilan di Indonesia.

Rasa ketidakadilan itu dirasakan Suku anak dalam (SAD) Jambi. Bahkan, mereka mendirikan sebuah tenda kecil di dekat panggung hiburan perayaan Hari HAM Sedunia, di depan Kantor Komnas HAM. "Kami sudah 14 hari tinggal di sini," ujar perwakilan SAD Jambi, Romli (29), Rabu (10/12/2014).

Dia mengaku, kehadirannya ke Komnas HAM dalam rangka mengadukan persoalan lahan yang hingga kini belum juga usai. Ditengarai adanya pelanggaran HAM di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT Asiatic Persada yang berada di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Secara turun temurun, kawasan tersebut merupakan kawasan hutan milik SAD Jambi. Namun, sejak munculnya konsesi perkebunan sawit di wilayah itu pada 1990, nasib SAD Jambi menjadi tidak jelas lantaran selalu mengalami penggusuran dan korban kekerasan baik oleh aparat maupun perusahaan.

Selain itu, sekira 20 warga dari Koalisi Peduli HAM Papua juga menggelar aksi menuntut pengusutan kasus HAM di wilayah timur Indonesia tersebut. Hingga berita ini diturunkan, lima orang perwakilan masih menemui pimpinan Komnas HAM.

Mereka menemui pimpinan Komnas HAM untuk mengadukan kasus bentrokan di Enarotali, Painai, Papua, yang menewaskan empat orang warga sipil, pada Senin 8 Desember lalu.(fid)

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini