nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK: Menjaga Hak Asasi Adalah Kewajiban

Winda Eka Riyani, Okezone · Rabu 10 Desember 2014 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 12 10 337 1077263 jk-menjaga-hak-asasi-adalah-kewajiban-wZZaz5IMwv.jpg JK: Menjaga Hak Asasi Adalah Kewajiban (foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ikut memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia. Dia mengingatkan menjaga hak asasi adalah kewajiban.

"HAM sudah ada di dalam konstitusi ya, bukan hanya hak yang diatur akan tetapi juga kewajiban, tentu peringatan hari HAM ini kita saling mengingatkan dan menghormati," tutur JK saat ditemui usai menghadiri acara Lokakarya Nasional HAM di Hotel Grand Sahid Jakarta, Rabu, (10/12/2014).

Menurut JK, mengeluarkan pendapat dari setiap anggota dan lapisan masyarakat termasuk HAM. Tetapi, dalam melakukannya juga ada pembatasnya, yaitu peraturan. Di mana, lanjut JK, aturan tersebut menjadi pengendali dari setiap tindakan wujud hak kebebasan berpendapat dan berlandaskan hukum yang jelas.

"Kita berikan kebebasan mereka (rakyat) menyampaikan pendapatnya, silahkan saja. Tetapi begini, kita juga mengatur penyampaiannya seperti apa dan bagaimana, supaya semuanya menjadi teratur," jelas Mantan Ketum Golkar ini.

Di peringatan Hari HAM ini, JK mengingatkan, mereka yang ingin mengutarakan pendapat jangan sampai melanggar hukum.

"Aturan itu kan landasannya hukum, berdemo, menguasai jalan dan mengganggu pihak lain itu kan melanggar hukum, jadi HAM itu jangan hanya hak akan tetapi kewajiban juga, kewajibannya mematuhi aturan itu," pungkasnya.(fid)

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini