Share

HM Prasetyo Ditolak ICW, Istana Bungkam

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 20 November 2014 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 20 337 1068306 hm-prasetyo-ditolak-icw-istana-bungkam-3pBjkiCrJs.jpg HM Prasetyo Ditolak ICW, Istana Bungkam (ilustrasi)

JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) menolak calon Jaksa Agung yang berasal dari partai politik. Sebab, akan tersandera konflik kepentingan.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, enggan menanggapi penolak ICW terhadap HM Prasetyo yang juga politikus Partai NasDem tersebut.

"Sori, saya ada janji jam 12 siang," kilah Andi, Kamis (20/11/2014).

  Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto

Namun, dia memastikan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akan mencabut keanggotan HM Prasetyo dari partai.

"Ya, diminta jaminan bahwa calon itu keluar dari NasDem dan harus independen begitu jadi Jaksa Agung," tegasnya.

Sebelumnya, ICW meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak salah pilih menempatkan sosok pada lembaga lembaga strategis penegakan hukum tersebut.

"Jokowi tidak boleh salah pilih Jaksa Agung mengingat pos jabatan tersebut sangat penting dan strategis dalam penegakan hukum. Jaksa Agung harus berintegritas, memiliki kapasitas, paham teknis hukum dan terbebas dari konflik kepentingan," jelas Koordinator ICW, Ade Irawan kepada Okezone.

Melihat hal itu, kata Ade, HM Prasetyo tidak tepat untuk dijadikan Jaksa Agung. Pasalnya, selama di korps adhyaksa tidak ada prestasi besar yang dihasilkannya. Terlebih lagi saat ini, dia sudah menjadi politisi, sehingga konflik kepentingan dengan partai akan sangat kentara.(fid)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini