Share

Pramono Anung Lega KMP dan KIH Resmi Islah

Bayu Septianto, Okezone · Senin 17 November 2014 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 17 337 1066628 pramono-anung-lega-kmp-dan-kih-resmi-islah-cVdEjXwXJt.jpg Pramono Anung lega KMP dan KIH berdamai (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Kesepakatan perdamaian antara kubu Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mendapat apresiasi. Politikus senior PDI Perjuangan Pramono Anung yang menjadi juru runding kesepakatan tersebut mengaku lega karena berhasil menandatangani kesepakatan islah.

"Proses penyelesaian ini cukup melelahkan. Saya bertemu Pak Hatta sebulan ini lebih sering dibandingkan anak mantunya, karena keinginan kita untuk menyelesaikan UU MD3 dan segala persoalan yang ada," kata Pramono usai penandatanganan kesepakatan damai di Gedung Nusantara IV DPR RI , Senayan, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Pramono Anung menyebut perseteruan dua kubu sebagai great lock. Hal ini karena niat baik kedua kubu untuk segera bekerja menjadi kunci penyelesaian perselisihan. Ia pun mengambil banyak pelajaran dari alotnya lobi untuk membuat kedua kubu berdamai.

"Ini pembelajaran baik, dan ini juga pembelajaran bagi politikus muda, bagaimana jika dalam suatu kondisi stuck, atau great lock mencari solusi. Hal yang seperti ini bisa terjadi suatu hari, ego dikurangi, statement keras dikurangi," pungkasnya.

Dalam penandatanganan tersebut tokoh KIH yang diwakili juru lobinya, Pramono Anung, dan Olly Dondokambey. Hadir pula Ketua Fraksi NasDem Victor Laiskodat, Ketua Fraksi Hanura Dossy Iskandar, Ketua Fraksi PKB Helmy Faishal, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto.

Sementara kubu KMP diwakili oleh Ketum PAN Hatta Rajasa, Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani, pimpinan Fraksi Golkar Bobby Rizaldi, Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), dan Koordinator KMP di DPR Idrus Marham.

Seluruh pimpinan DPR juga hadir di acara ini untuk menjadi saksi perdamaian dua koalisi yang berkonflik. Selain Setya Novanto, hadir empat Wakil Ketua DPR yaitu Fadli Zon, Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini