Dubes AS Diserbu Pendukung Palestina

Syamsul Anwar Khoemaeni, Okezone · Minggu 16 November 2014 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 16 337 1066207 dubes-as-diserbu-pendukung-palestina-I1bj1IHL1Z.jpg Kedubes AS Diserbu Pendukung Palestina (Massa pendukung Palestina melakukan aksi di depan Kedubes AS/Foto: Syamsul A,Okezone)

JAKARTA - Ribuan orang yang tergabung dalam Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) menggelar aksi di depan gedung Kedutaan Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Dalam aksi tersebut, massa membawa atribut dan bendera Pelestina dan mengutuk Zionisme Israel atas alih fungsi Masjid Al Aqsa secara semena-mena.

"Mereka membakar, menutur dan menodai masji Al Aqsa," ujar Muqoddam Kholil dalam orasinya, Minggu (16/11/2014).

Pria yang juga penasihat KNRP itu mendesak, lembaga internasional untuk menindak tegas pelanggaran HAM yang dilakukan Israel. "Pemerintah Indonesia juga harus mengambil peran aktif," lanjutnya.

Cholil mengklaim bahwa aksi KNPI tidak hanya dilakukan di Jakarta, namun juga di berbagai daerah yang menggelar aksi serupa. "Kita ada 23 cabang, mulai dari Aceh sampai di daerah Indonesia timur," tambahnya.

Selain menggelar orasi, KNPI juga melakukan penggalangan dana untuk masyarakat Palestina. "Nanti sumbangan yang terkumpul langsung salurkan ke Palestina," imbuhnya.

Aksi tersebut membuat sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan hanya bisa dilalui dari arah Medan Merdeka Timur, hingga mengakibatkan kepadatan kendaraan di beberapa ruas Jalan.

"Kami tidak melakukan pengalihan jalur, masih bisa dilalui," ujar Kapolsek Gambir, AKBP Putu Putra. Pantauan Okezone, aparat Kepolisian menyiagakan tiga unit mobil water canon di depan gedung kedubes AS.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini