Allan Nairn: CIA dan BIN Punya Hubungan Sistematis

Nina Suartika, Okezone · Senin 03 November 2014 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 03 337 1060511 allan-nairn-cia-dan-bin-punya-hubungan-sistematis-0L4a9a3Ahd.jpg Jurnalis AS Allan Nairn (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA - Perlahan tapi pasti, tabir yang menutupi fakta kasus pelanggaran HAM di masa lalu mulai terungkap. Jurnalis investigasi asal Amerika Serikat (AS), Allan Nairn mengungkapkan ada hubungan institusional antara CIA dan Badan Intelijen Negara (BIN) terkait pembunuhan masyarakat sipil yang terjadi beberapa tahun lalu.

"Hendro mengatakan sama saya bahwa dia menemukan banyak proyek dengan CIA terutama soal penangkapan orang, yang orang Amerika bilang terkait dengan terorisme. Selain itu, ada hubungan institusional, sistematis antara CIA dengan BIN," kata Allan Nairn saat ditemui di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan Hendropriyono, CIA merupakan donatur utama aksi pembunuhan di Indonesia. CIA memberi uang, memberi pelatihan, dan memberi alat-alat untuk membunuh masyarakat.

"Jadi menurut saya, pemerintah Amerika juga harus bertanggungjawab atas jenderal-jenderal yang telah didukung oleh mereka," kata Allan.

Dia mengatakan, keinginannya untuk membongkar semua kasus yang melibatkan mantan petinggi keamanan di Indonesia, karena dia ingin menghentikan tindak kejahatan yang didalangi oleh negeri Paman Sam itu.

"Saya lakukan itu karena sebagai warga negara Amerika saya mau hentikan tindakan Amerika. Saya mau hentikan kebijakan Amerika yang memberikan pelatihan untuk membunuh orang," tuntasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini