nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDIP Bingung Cari Pengganti Kader yang Jadi Menteri

Arief Setyadi , Jurnalis · Kamis 30 Oktober 2014 14:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 30 337 1058909 pdip-bingung-cari-pengganti-kader-yang-jadi-menteri-6YpzgSi7V2.jpg PDIP Bingung Cari Pengganti Kader yang Jadi Menteri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah mempertimbangkan sejumlah nama untuk menggantikan kadernya di DPR yang terpilih menjadi menteri.

Wasekjen PDIP, Ahmad Basarah, mengatakan, saat ini persoalan itu tengah dibahas, khususnya pengganti Puan Maharani sebagai ketua fraksi.

"Ini kan lagi rapat di DPP," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Bukan hanya itu, sambung Basarah, jabatan di DPP PDIP juga akan dibahas. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menginginkan adanya rangkap jabatan di Kabinet Kerja-nya.

"Ya DPP PDIP tentu saja menghormati kehendak Presiden yang inginkan menteri fokus urus kementerian dan tidak rangkap jabatan di partai politik masing-masing. Sehingga, DPP PDIP menggelar rapat hari ini pukul 11.00 WIB untuk bicarakan tindak lanjut dari pengurus DPP yang dilantik jadi menteri kabinet Jokowi," jelasnya.

Basarah pun menyatakan belum bisa memastikan siapa pengganti dari nama-nama kader PDIP yang kini duduk di Kabinet Kerja karena masih menunggu keputusan tersebut.

"Sehingga karena itu kita tunggu keputusan DPP hari ini status nonaktif dan pengurus DPP partai, insya Allah hari ini akan diputus," tuturnya.

Seperti diketahui, ada empat politikus PDIP yang kini duduk sebagai menteri, yakni Puan Maharani, Thahjo Kumolo, Yasonna Laoly, serta Anak Agung Puspayoga.

Puan, Thahjo, dan Yasonna merupakan anggota DPR 2014-2019 yang telah dilantik. Hingga kini belum diketahui nama pengganti mereka untuk bisa duduk di parlemen.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini