nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenakertrans Terus Berupaya Atasi Pengangguran

K. Yudha Wirakusuma, Jurnalis · Jum'at 02 Mei 2014 22:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 05 02 337 979392 U6sU6YgytC.jpg Muhaimin Iskandar (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Masih besarnya jumlah angka pengangguran dinilai lebih disebabkan oleh tidak seimbangnya persediaan tenaga kerja, dengan jumlah kebutuhan tenaga kerja dan terbatasnya arus investasi. Saat ini kualitas angkatan kerja di Indonesia masih rendah, bahkan didominasi lulusan sekolah dasar.

 

"Untuk menghasilkan tenaga kerja terampil dan profesional, kita harus membangun sistem atau mekanisme agar dunia pendidikan dan dunia kerja mampu memperkuat aspek kelembagaan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, Jumat (2/5/2014).

Untuk mengatasi pengangguran, sambung Muhaimin, pihak Kemenakertrans terus berupaya memfasilitasi perluasan dan kesempatan kerja, melalui pemagangan dalam negeri dan luar negeri, program padat karya produktif, padat karya inovatif, wirausaha baru.

"Serta penempatan tenaga kerja melalui bursa kerja online dan kerja sama penempatanan tenaga kerja dalam dan luar negeri (AKAD/AKL)," terangnya.           

Pemerintah, lanjutnya, akan mendorong para akademisi perguruan tinggi di seluruh Indonesia agar dapat menghasilkan lulusan pendidikan yang siap menjadi calon tenaga kerja berkualitas untuk memasuki persaingan pasar kerja nasional dan internasional.

Muhaimin mengingatkan dalam menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015, perguruan tinggi harus mampu merevitalisasi diri menjadi lembaga pendidikan sekaligus lembaga pelatihan kerja yang diharapkan mampu menyediakan calon-calon tenaga kerja yang siap pakai dan siap dapat bersaing dalam mencari pekerjaan yang layak.

“Perguruan tinggi diharapkan jangan hanya mampu memberikan tanda kelulusan bagi para mahasiswanya, yang akibatnya bakal menambah terjadinya pengangguran terdidik saja. Perguruan tinggi harus mampu menghasilkan SDM Indonesia yang berkualitas dan siap memasuki pasar kerja secara cepat," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini