nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Salah Satu Solusi Pemerintah Atasi Masalah Pengangguran

K. Yudha Wirakusuma, Okezone · Minggu 12 Januari 2014 04:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 01 11 337 925176 oceLkyy0DO.jpg Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto:Okezone)

JAKARTA - Demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pemerintah pada tahun 2013 berhasil menempatkan  peserta program pemagangan ke Jepang sebanyak 2.615 orang. Para peserta magang ditempatkan di sekitar 500 perusahaan yang menyediakan 60 jenis kejuruan kerja.

“Pelaksanaan pemagangan ini merupakan salah satu langkah konkrit dalam mempersiapkan kualitas sumber daya manusia menjelang Asean Economic Community (AEC) 2015. Kita terus mempersiapkan tenaga kerja  berkualitas yang siap bersaing secara global," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, Sabtu (10/1/2014).

Hal tersebut diungkapkan Muhaimin saat menyambut kepulangan 103  peserta yang kembali dari Jepang. Mereka telah magang selama tiga tahun di 41 perusahaan, pada 16 bidang kejuruan yaitu di industri manufaktur dan konstruksi.

Selain mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja, para peserta magang tersebut memperoleh bantuan modal usaha mandiri sebesar 600.000 Yen.

Muhaimin mengatakan pemerintah terus mendorong pelaksanaan program pemagangan di perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri. Program pemagangan ini diyakini  mampu meningkatkan kompetensi dan keterampilan kerja serta mempersiapkan jiwa wirausaha mandiri.

Program pemagangan di dalam dan luar negeri, menjadi salah satu cara mempersiapkan calon tenaga kerja berkualitas tinggi. Program pemagangan merupakan pelaksanaan konsep link and match yaitu memastikan dunia pendidikan dan pelatihan selaras dengan kebutuhan dunia kerja, serta memastikan lulusan pendidikan dan pelatihan kerja terserap dunia kerja.

“Penyiapan tenaga kerja harus didukung kurikulum pendidikan kerja yang sesuai dan selaras dengan kompetensi kerja yang dibutuhkan pasar kerja. Kita harus mempersiapkan tenaga kerja yang siap kerja dalam jumlah yang besar,” terangnya.

Muhaimin menambahkan program pemagangan menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi masalah pengangguran. Program pemagangan pun menjadi titik awal untuk membuka lapangan kerja baru melalui wirausaha mandiri.

"Eks peserta magang memang langsung diminati perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri ,terutama industri, otomotif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin dan bangunan,” tukasnya.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini