nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditolak Jadi Dubes Jerman, Foke: Tak Kenal, Maka Tak Sayang

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Selasa 24 Desember 2013 14:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 12 24 337 916856 zIy0YHnGnj.jpg Fauzi Bowo (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), resmi melantik mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) sebagai Duta Besar RI untuk Jerman di Istana Negara.

Namun, sejumlah orang yang mengatasnamakan Serikat Alumni Jerman (SAJ) menolak penempatan Fauzi Bowo sebagai duta besar Jerman. Karena kredibilitas dan integritas Foke sebagai representasi Republik Indonesia di Jerman.

Foke pun tidak mempermasalahkan tuntutan sejumlah pelajar di Jerman yang menolak dirinya sebagai Duta Besar Jerman.

"Di mana-mana kan sekarang perbedaan pendapat ada aturan main. Ya barangkali enggak kenal enggak sayang gitu ya. Anda kan juga tidak kenal bisa punya pendapat yang keliru kan kalau enggak kenal," kata Foke di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Saat disinggung apakah ia langsung beraudiensi dengan pelajar yang menolaknya, Foke pun belum bisa memastikan. "Ya nanti kita lihatlah," tutupnya.

Sebelumnya, Serikat Alumni Jerman (SAJ) menolak penempatan Fauzi Bowo sebagai Duta Besar RI untuk Jerman. SAJ meragukan kredibilitas dan integritas Foke sebagai representasi Republik Indonesia di Jerman.

Penentangan ini didasari atas kinerja buruk Fauzi Bowo selama 35 tahun di jaringan birokrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

SAJ menganggap Presiden SBY keliru dalam menempatkan Foke sebagai dubes. Pasalnya, Jerman merupakan negara yang menjadi pusat kekuatan ekonomi terbesar di Eropa dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini