nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Kemenakertrans Bendung Pengangguran

K. Yudha Wirakusuma, Jurnalis · Senin 11 November 2013 22:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 11 11 337 895320 sOj23PSDF1.jpg Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto:Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan penyerapan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan lima pilar aksi penciptaan kesempatan kerja. Program tersebut, diimplementasikan pada tahun ini, melalui program penciptaan kesempatan kerja satu juta netto.

"Penciptaan lapangan kerja baru membutuhkan kehadiran investor untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya produktivitas kerja. Oleh karena itu, hubungan industrial yang kondusif dan harmonis menjadi syarat agar investor tertarik dan membuka investasi baru," kata Muhaimin, Senin (11/11/2013).

Pemerintah menetapkan lima pilar strategi yaitu Informasi dan Layanan Ketenagakerjaan, Peningkatan Keterampilan dan Kapasitas Angkatan Kerja, Pengembangan UMKM dan kewirausahaan, Program Padat Karya dan Infrastruktur serta Program Darurat Penciptaan Lapangan Kerja.

Muhaimin mengatakan investasi asing yang masuk ke Indonesia harus ditingkatkan, sebagai salah satu strategi pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran yang semakin bertambah di akhir tahun. Peluang-peluang pencipataan lapangan pekerjaan baru bisa terwujud dengan bertambahnya arus investasi dari luar negeri.

"Perusahaan asing maupun perusahaan dalam negeri harus membuka dialog yang lebih kondusif dengan para serikat pekerja dan serikat buruh sehingga dapat mencari solusi yang win-win solution  dalam menyelesaikan setiap permasalahan ketenagakerjaan," terangnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran terbuka di Indonesia per Agustus 2013 mencapai 7,39 juta orang. Angka itu lebih tinggi dari data Februari 2013 dengan angka pengangguran terbuka 7,17 juta orang.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini